Untuk Cowok-cowok yang Pernah Kucintai

Jangan keburu merinding dan berpikiran macam-macam tentangku setelah baca judul postingan ini yang bombastis, karena tulisan ini ditujukan bukan untuk memuat pengakuan pribadiku tentang cowok-cowok yang pernah kucintai atau semacamnya. Ini merupakan bagian dari serangkaian Blog Tour novel terjemahan terbaru dari Penerbit Spring yaitu To All The Boys I’ve Loved Before.

00_BANNER  Blog Tour TATB

^.^

 

To All the Boys I’ve Loved Before oleh Jenny Han

Ratingku: 4 of 5 stars

25131427

Judul: To All the Boys I’ve Loved Before

Penulis: Jenny Han

Penerjemah: Airien Kusumawardani

Genre: Young Adult, Romance

Penerbit: Penerbit Spring, Simon & Schuster

Format: Paperback, 382 halaman

Terbit: April 2015

Lara Jean menyimpan surat-surat cintanya di sebuah kotak topi pemberian ibunya. Surat-surat itu bukan surat cinta yang ditujukan untuknya, tapi surat yang ia tulis. Ada satu surat untuk setiap cowok yang pernah ia cintai—totalnya ada lima pucuk surat. Setiap kali menulis, ia mencurahkan semua perasaannya. Ia menulis seolah-olah mereka tidak akan pernah membacanya karena surat itu memang hanya untuk dirinya sendiri.

Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu tanpa sengaja terkirimkan—entah oleh siapa.

Saat itu juga, kehidupan cinta Lara Jean yang awalnya biasa-biasa saja menjadi tak terkendali. Kekacauan itu melibatkan melibatkan semua cowok yang pernah ia tulis di surat cintanya—termasuk cinta pertamanya, pacar kakaknya, dan cowok terkeren di sekolah.

 

Review

Mau tahu komentar pertamaku sewaktu melihat buku ini di linimasa Penerbit Spring? Cuma dua kata; sampulnya cantik. Serius! Bahkan setelah memegang langsung bukunya, aku berpikir gimana caranya buat baca buku cantik ini di tengah keramaian. Sebagai seorang penikmat buku, harus kuakui, membaca buku di sembarang tempat dan sembarang waktu adalah kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan. Dan membaca buku ini di ruang publik merupakan tantangan tersendiri untuk pembaca cowok tampan seperti diriku. He-he.

Selain sampul yang cantik, isi bagian dalam novel ini juga manis. Baik dari segi pilihan font-font umum, font untuk surat, dan font untuk pesan singkat dibuat berbeda-beda, simpel tapi menarik!—hingga ilustrasi sebentuk surat yang ada di setiap pembuka babnya. Meski marginnya minimalis, buatku pribadi tidak terlalu mengganggu.

Cerita yang disajikan Jenny Han dalam To All the Boys I’ve Loved Before ini sangat hidup. Keluarga kecil—seorang ayah dan tiga putrinya yang berkarakter unik dan berbeda-beda—sangat terasa kehangatannya. Novel ini bercerita tentang kehidupan Lara Jean Song Covey, seorang gadis keturunan Amerika-Korea, yang semula tertata sedemikian rupa mendapat ‘kejutan-kejutan tak terduga’ yang dimulai sejak kepergian Margot—kakak tertuanya—yang melanjutkan pendidikan di Skotlandia. Selain harus mulai membiasakan diri menggantikan posisi Margot—yang sebetulnya juga menggantikan posisi Ibu mereka yang telah tiada—mengurus Ayah dan Katty atau Katherine, adik mereka, Lara Jean pun dikejutkan dengan misteri hilangnya lima pucuk surat cinta rahasianya. Pada novel ini diceritakan bagaimana Lara Jean yang cemas karena lima pucuk surat cinta yang ditulis olehnya entah bagaimana terkirim ke lima cowok yang berbeda. Sebagai seorang gadis yang tergolong ‘rumahan’ dan agak tertutup, Lara Jean menulis surat cinta itu bukan untuk menyatakan perasaan dan berniat mengirimkannya sejak semula, melainkan sekadar untuk meluapkan perasaan hingga titik akhirnya—sebagai salam perpisahan pada cinta yang dipendamnya sendiri.

Surat-surat cintaku itu bukan seperti surat cinta pada umumnya. Semua kutulis di saat aku tidak ingin mencintai mereka lagi. Semua kutulis sebagai salam perpisahan. Karena setelah menulisnya, aku tidak lagi dikuasai rasa cinta yang menghabiskan segalanya. -Lara Jean (hal. 5)

Kebayang serunya?

Masih belum?

Well, kalau begitu bagaimana jika salah satu surat yang ditulis oleh Lara Jean itu sampai ke tangan cowok baik-baik yang tinggal di sebelah rumahnya—cowok yang sama yang baru dipatahkan hatinya oleh Margot—yang sudah seperti bagian dari keluarga kecil mereka? Cowok yang sedang gegana (gelisah galau merana, fyi) itu menuntut penjelasan, sesuatu yang tidak mungkin diberikan Lara Jean yang sangat menjaga perasaan saudarinya itu.

Apa yang harus diperbuat oleh Lara Jean? Ya, seperti kisah-kisah percintaan di drama Korea—karena memang penulisnya berdarah Korea dan terinspirasi dari beberapa drama Korea—dirinya lari ke cowok lain yang juga menerima suratnya, cowok yang dulu mencuri ciuman pertama darinya. Lalu? Mereka pacaran. Pura-pura pacaran, karena cowok itu baru saja putus dari kekasihnya yang juga mantan sahabat Lara Jean dan jelas sekali ia masih kesulitan melupakan cewek yang telah bersamanya selama empat tahun itu. Apa yang terjadi setelah itu?

Penasaran dan pengin tahu kelanjutan kisahnya? Penerbit Spring akan memberikan novel Young Adult ini cuma-cuma untuk kalian yang berminat. Syaratnya:

  1. Kamu bertempat tinggal di Indonesia.
  2. Punya akun Twitter.

Semudah itu? IYA, semudah itu. Tapi ada tahap-tahap tertentu yang harus kalian lewati untuk mendapatkan bukunya, karena gak mungkin setiap orang yang tinggal di Indonesia dan punya akun Twitter berkesempatan mendapat bukunya gratis karena Penerbit Spring hanya akan memberikan DUA novel To All The Boys I’ve Loved Before untuk DUA orang yang beruntung. Caranya kamu hanya perlu ngetwit DUA kali, jadi rangkailah twitmu sekreatif mungkin. Lengkapnya seperti ini:

  1. Twit pertama mention seorang temanmu dengan twit yang berisi ‘promosi’-mu tentang Blog Tour dan Giveaway ini (link: http://wp.me/p1i7Vb-8c) di Twitter kamu dengan memention @0brier (0brier dengan 0 (nol) bukan dengan o (huruf vokal o)) dengan tagar #GiveawayTATBSpring. Cukup sekali twit!

Contoh: @larajeansong: Hei, @JOSHYJOSH sila cek blog tour dan review To All The Boys I’ve Loved Before di http://wp.me/p1i7Vb-8c. Ada kesempatan dapetin dua buku gratis lho! @0brier #GiveawayTATBSpring

  1. Twit kedua, jawab pertanyaan berikut: Apa yang akan kamu lakukan kalau kamu menerima surat cinta dari cowok/cewek yang ternyata diam-diam naksir kamu? Meminta penjelasan tentang surat itu, langsung menyatakan cinta, menulis surat balasan, atau bagaimana? Jangan ketinggalan mention akunku @0brier (sekali lagi, 0brier dengan 0 (nol) bukan dengan o (huruf vokal o)) dengan  tagar #GiveawayTATBSpring. Sama seperti yang tadi, cukup sekali twit!

Contoh: @larajeansong: Aku akan merobek surat itu di depannya dan memintanya menembak secara langsung!!! @0brier  #GiveawayTATBSpring

Giveaway ini akan berlangsung sampai tanggal 24 April 2015. Pengumuman akan dilakukan sehari setelahnya, akan kumention secara langsung dua orang pemenang yang beruntung. Kalau dalam waktu 48 jam pemenang gak memberikan kabar, akan kupilih pemenang yang lain. Jadi, siap siaga di akun twittermu, ya!

[Update]

Ada sedikit tambahan persyaratan dari Penerbit Spring, nih, buat kalian yang mau ikutan giveaway. Kok begitu? Hal ini diberlakukan mengingat ada yang amat giat dan bersemangat mengikuti rangkaian blogtour To All The Boys I’ve Loved Before ini dan menang giveaway di beberapa gost yang berbeda. Peraturan barunya antara lain:

  1. Jika ada pemenang ganda dengan host yang berbeda, host berhak untuk mengundi ulang jika merasa perlu.
  2. Jika tidak ada undian ulang, pemenang HANYA akan mendapatkan 1 buku  meskipun mereka menang beberapa kali.

Mengingat karya Jenny Han yang satu ini bener-bener menggiurkan untuk dibaca, rasanya wajar saja jika banyak yang bersemangat mengikuti giveaway di rangkaian blogtour. Mau gimana lagi, dapet gratis buku bagus yang sedang naik daun, siapa yang bisa nolak? He-he. Jadi, supaya semuanya kebagian novel To All The Boys I’ve Loved Before ini, buat yang udah pernah menang giveaway di blogtour yang dipandu host yang lain, harap maklum ya. ^^

Kuis Finale

Di akhir rangkaian blog tour ini akan ada kuis finale dari Penerbit Spring. Caranya:

  1. Kamu harus mengikuti Blog Tour To All The Boys I’ve Loved Before dari awal sampai akhir.
  2. Di setiap akhir postingan blog dari para blogger ini, akan menyediakan pieceyang merupakan bagian dari sebuah PUZZLE yang harus kamu kumpulkan dan simpan baik-baik.
  3. Kamu harus menyusun semua piecetersebut kedalam satu image, membentuk GAMBAR hingga jelas apa yang ada di sana.
  4. Post gambar tersebut di wall fanpage Spring, sertakan kesan-kesan kamu terhadap Blog Tour To All The Boys I’ve Loved Before.

Jadwal Kuis Finale nanti akan diumumkan di Fanpage Penerbit Spring. Dan ini piece dariku:

Jangan lupa untuk ikutan kuis finale dari rangkaian blog tour ini. Caranya? Kunjungi seluruh blog penyelenggara tour kali ini, lalu kumpulkan kepingan puzzle di setiap blognya.

piece 1

Jadwal blog tour:

03 April Orinthia Lee 

06 April Ken Astri D. 

08 April Ria Destriana 

10 April Biondy Alfian 

12 April Jenny Thalia Faurine

14 April Oktabri Erwanda <== kamu lagi main di sini ^^ 

16 April Ariansyah 

18 April Abduraafi Andrian 

19 April Hilmi Tsuraya Zulfania 

21 April Fery Juni Ismarianto 

23 April Fikriah Azhari

25 April Cut Lilis Rusnata

26 April Dini Y. Nurhasanah 

28 April Dinar Arisandy 

30 April Dyah Muawiyah

2 Mei Ivana 

3 Mei Irnalasari 

5 Mei Farah Fahma

7 Mei Fauziyyah Arimi 

9 Mei Wardahtuljannah 

20698530P.S. Kamu pasti gak mau kelamaan nungguin lanjutan novel ini, maka dari itu, yuk rame-rame mention @PenerbitSpring biar P.S. I Still Love You—sekuel To All the Boys I’ve Loved Before—segera menyusul diterbitkan. ^^

Iklan

9 pemikiran pada “Untuk Cowok-cowok yang Pernah Kucintai

  1. Halooo 0brier masih sempet ikutan juga kan yaaaa..
    makasih atas kesempatannya 🙂

    btw, kebayang deh gimana rikuhnya baca buku ini di ruang publik. secara covernya cantik, dan yg baca cowok pulak 😛 haha

    • hehehe, itu sekadar nama pena kok. salam kenal ya.

      sip sip, aku kroscek langsung ke akunku ya, nanti akan kuritwit sebagai konfirmasi. makasih udah ikut meramaikan ^^

  2. Ternyata yang review cowok. Hehehehehehe….

    Makasih buat reviewnya. Dibocorin soal isi bukunya, tata letak dan ilustrasi di tiap bab, makin bikin penasaran. Ilustrasi yang unyu2 pasti menyenangkan.

    GAnya bakal aku ikutin. ^^

Komentar ditutup.