[Blog Tour] Ask Author Meet Lame: Christian Simamora

Sejujurnya, ini adalah keberuntungan yang tak terduga, sekitar dua minggu yang lalu aku menerima surel yang menyatakan lamaranku diterima oleh Penerbit Twigora dan Abang Christian Simamora untuk meminang sebagai Host Blog Tour dari salah satu anak bungsunya, MEET LAME.

Buat peminat novel romance dewasa, Christian Simamora bukanlah nama yang asing. Setelah terkenal dengan serial #JBoyfriend, #JBoyfriend Hawtlist, dan baru-baru ini memulai seri andalan terbarunya #VimanaSingle, Abang kembali dengan MEET LAME yang tidak lain ialah proyek yang ditulis di Wattpad yang sejak lama digadang-gadang oleh Abang terinspirasi oleh Meet Cute milik rekanan penulisnya, Nina Ardianti.

MLQ6Sebagai bagian dari serangkaian keberuntungan yang kudapatkan, aku berkesempatan melakukan wawancara singkat bersama Abang, yang topiknya nggak jauh-jauh dari MEET LAME dan proses menulisnya. Berikut  wawancara yang kulakukan pada Abang:

1. Mengingat Meet Lame ini sudah pernah diterbitkan melalui Wattpad,
kira-kira apa yang membuatnya edisi cetak ini berbeda dari cerita yang
lama?
MEET LAME versi Wattpad ditulis per bab dengan rentang waktu yang
nggak tentu. Jadi saat diputuskan terbit, Abang mesti menyamakan mood
tulisan supaya bisa nyambung satu sama lain. Dan ketika tiba di tangan
editor, banyak adegan yang harus ditambahkan untuk memperjelas situasi
cerita.

2. Dalam proses penulisan yang cukup panjang dan lama, kira-kira Abang
menulisnya menggunakan kerangka besar atau dibiarkan mengalir begitu
saja?
Di Wattpad, Abang bagi per season. Kecuali season terakhir, setiap
season terdiri dari 10 bab. Tema besar per season adalah kerangka
besar dan jalan cerita per bab dibuat mengikuti tema itu.MLQ8

3. Boleh ceritakan sedikit bagaimana ide awal menuliskan Meet Lame ini
muncul? Murni karena terinspirasi Meet Cute punya Mbak Nina atau ada
cerita lain di baliknya?
Iya, murni karena terinspirasi Meet Cute. Nggak ada alasan lain. 🙂

4. Kendala apa saja yang dihadapi dalam proses penulisan Meet Lame
dulu, dan kendala apa pula yang muncul saat akan diterbitkan dalam
versi cetak?
Saat menulis MEET LAME di Wattpad, nggak ada kesulitan berarti.
Namanya juga proyek lucu-lucuan, jadi santai saja.

MLCDJustru yang bikin deg-degan adalah ketika rencana menerbitkannya
muncul. Konsep cover-nya jelas harus berbeda dengan #jboyfriend yang
identik dengan foto mas-mas ganteng dan #vimanasingles yang bakalan
memajang foto mbak-mbak. Setelah berdiskusi dengan desainernya, ide
memajang bibir-bibir para karakter pun lahir dan diwujudkan menjadi
cover novel sekarang.

 

5. Kira-kira apa yang membuat Meet Lame ini berbeda dari dedek-dedek
jagoan Abang lainnya sudah sukses berat (#JBoyfriend, #JBoyfriend
Hawtlist, dan yang terbaru #VimanaSingles yang aroma-aromanya akan
sama suksesnya dengan dua pendahulunya)?
Pembaca Wattpad kebanyakan adalah remaja yang masih di bangku sekolah,
jadi konten novel pun disesuaikan dengan umur mereka. Makanya
kemudian, saat menulis MEET LAME Abang seperti menemukan diri Abang
yang dulu, sebelum mantap jadi penulis novel dewasa. Selama proses
merampungkan MEET LAME dan merevisinya, Abang semacam sedang
bernostalgia di masa itu.

Jadi, kalau pembaca mau berkenalan dengan Abang pre-#jboyfriend, MEET
LAME adalah media yang tepat.

MLCB-horz
Gimana, gimana? Masih belum puas mengulik segala hal mengenai MEET LAME, proses penulisannya, dan lain sebagainya? Kamu bisa berkunjung ke lama para Host Blog Tour MEET LAME di bawah ini

16 Desember
Lady Book’s Notes

17 Desember Kubikel Romance

18 Desember
Ketimpuk Buku

19 Desember
Peek a Book

20 Desember
ABOokaddict

21 Desember
Setoples Penuh Kata <=== Kamu sedang main di sini! 🙂

22 Desember
Jane and her bookienary

23 Desember
Pieces from the Deepest

24 Desember
The Cute Geek

26 Desember
Nurina mengeja kata

27 Desember
Book World

28 Desember
Taman Bermain Drop Dead Fred

29 Desember
Read+Review

30 Desember
Utsu.Ki

Iklan

5 pemikiran pada “[Blog Tour] Ask Author Meet Lame: Christian Simamora

  1. Pokoknya nyesel banget nggak tau kalau meet lame pernah dipublish di wattpad >< kan mestinya bisa tau sedikit ceritanya tentang apa…

Komentar ditutup.