[Blog Tour] Ask Author Tiger on My Bed: Christian Simamora

HDML3
Penerbit Twigora dan Abang Christian Simamora sekali lagi telah memberiku kesempatan yang asyik untuk membaca novel terbarunya, Tiger on My Bed, lalu menjadi bagian dari serangkaian Blog Tour seru ini. Yang sudah umum kita ketahui, untuk peminat novel romance dewasa, Christian Simamora bukanlah nama yang asing. Penulis modis yang satu ini terkenal dengan serial #JBoyfriend, #JBoyfriend Hawtlist, dan novel lepas terbarunya yang diangkat dari proyek seru di Wattpad, Meet Lame. Jauh, jauuuuuuuuuh sebelum serial ini bahkan Abang udah mendobrak pasaran dengan menulis novel yang kemudian diangkat ke layar lebar, Cokelat Stroberi. Hayoooo, pada inget nggak film ini?

Yang terbaru, Abang kembali dengan novelnya yang ke-16 dalam serial baru yang menjadi andalannya, #VimanaSingles. Uniknya, di sini Abang mencoba mengangkat kehidupan dari Vimana—tau kan keluarga fiktif Vimana yang kayarayaalamakjang yang biasa mejeng di novel-novel Abang?—tapi yang berbeda kali ini kehidupan gadis-gadisnya yang diangkat.

FGHJKLFGH

Untuk memenuhi rasa penasaran pembaca—dan rasa penasaranku juga—aku diberi kesempatan untuk melakukan wawancara singkat bersama Abang, yang topiknya nggak jauh-jauh dari Tiger on My Bed dan proses menulisnya. Pssssssstt…. Sejujurnya proses inilah yang selalu kunanti dalam proyek Blog Tour bersama Abang, karena… cek sendiri lah di wawancara yang kulakukan pada Abang berikut, hihi

  1. Membaca di beberapa sumber, Abang pernah bilang jika tema besar yang diangkat dalam #VimanaSingles terutama Tiger On My Bed ini tentang perempuan-perempuan single Vimana. Selain itu, yang membedakannya dengan novel dan serial Abang yang lain apa, letak keunggulannya di mana? Sentral cerita ada di bagian perempuan. Tema besar cerita kan mengangkat tentang konsep empat cinta C.S. Lewis. Ketika merancang seri ini, Abang berasumsi bahwa konsep cinta ini akan lebih terasa kalau pusat cerita disorot dari kacamata tokoh utama perempuan.

cats

  1. Membaca pertanyaan dari Sulis, aku penasaran soal teori Empat Cinta-nya C.S Lewis yang Abang pakai untuk proses kreatif #VimanaSingles ini. Selain teori ini apa ada inspirasi unik lain yang bisa Abang bagi ke penulis-penulis pemula, yang kira-kira idenya belum Abang pakai gitu? *wink* Ih kamu! *kedip balik* Tapi karena pertanyaan ini, Abang jadi ingat dulu sempat kepikiran menulis modern retelling karya klasik The Great Gatsby. Sudah pernah ada sih yang melakukannya, Sara Benincasa di karyanya berjudul Great, tapi masih belum memuaskan bagi Abang pribadi. Hanya saja, saat mau mengerjakan, Abang nggak kuat dengan bayangan harus menulis akhir tragis banget. Duh, bisa nggak kuat deh dada Abang. Makanya, ide itu kemudian Abang kubur dalam-dalam.  Gimana, Okta, berani nulis nggak? Abang balik nantangin nih!
  1. Dalam proses kreatif setiap novel yang Abang tulis, langkah-langkah yang biasanya Abang lakukan itu gimana? Membuat plotting lengkap per-scene serta daftar penokohan lengkap semacam Mbak Windry Ramadhina nggak? Atau langsung menulis aja sesuai dengan tema besar yang udah dipilih? Ide cerita -> riset -> bikin moodboard (kumpulan image, musik, dsb yang dianggap akan menginspirasi saat menulis nanti) -> plot dan penokohan -> revisi plot (kalau ada) -> mulai menulis. Proses riset dan revisi plot menentukan ide cerita itu sanggup Abang kerjakan atau nggak.
  1. Oh ya, mengingat #VimanaSingles ini berbeda dengan #Jboyfriend dan #Jboyfriend Hawtlist yang mengunggulkan alpha male yang dominan, dengan bermacam profesi yang luar biasa kece dan fisik juga sikapnya yang menggoda kaum hawa, apa ini artinya cowok-cowok dengan profesi ‘manusiawi’ semacam Jet akan hadir di sini? Misi Abang justru membuat pembaca kepengen jadi cewek-cewek Vimana. Hahahaha! 

CGVHJBK

  1. Ini sebetulnya agak diluar konteks mengenai buku ini termasuk penulisan dan proses kreatif dibaliknya, kira-kira selain yang dijabarkan di website mengenai Bad Boy Romance yang dicari oleh Twigora ada hal lainkah yang bisa Abang bagikan untuk yang tertarik mencoba? Bad Boy Romance lebih cenderung bergenre drama ketimbang komedi romantis. Tapi nggak menutup kemungkinan kok novel tema ini bisa beraura ceria. Usahakan untuk menghindari klise bad boy yang ke-teenlit-teenlit-an. Cowok bad boy nggak selalu cool kok. They can be damaged or gloomy or dangerous. Film-film bergenre old west bisa dijadikan referensi bad boy dengan karakter berlapis.

Gimana, gimana? Masih belum puas mengikutiku mengulik  informasi mengenai Tiger on My Bed, proses penulisannya, dan lain sebagainya? Dengan berkunjung ke laman para Host Blog Tour Tiger on My Bed di bawah ini kamu bisa mengetahui jawaban seru dari Abang untuk pertanyaan-pertanyaan para host yang nggak kalah seru, atau membaca review dari para host untuk Tiger on My Bed plus mengikuti Giveaway-nya? berikut daftar laman yang bisa kamu kunjungi sejak 22 Januari silam sampai 5 Februari nanti:

 catsFSHDGFER

22 Januari di Blog Martina Sugondo

23 Januari di Dunia Kecil-nya April Silalahi
24 Januari di Ky’s Book Journal
25 Januari di Taman Bermain Eva Sri Rahayu
26 Januari di Kubikel Romantisnya si Peri Hutan Sulis
27 Januari di Blog Aya Murning
28 Januari di Blog Rany Dwi Tanti
29 Januari di Blog Frida Kurniawati 
30 Januari kamu sedang di Setopleskata ^^
31 Januari di Blog Asri Rahayu MS
1 Februari di Blog Pustakawan kece, Luckty Giyan Sukarno
2 Februari di Blog Shen Meileng
3 Februari di Blog Anastasia Cynthia Tanawi
4 Februari di Blog Mellisa Assa
5 Februari di Blog Athaya Irf
Tentang Penulis
CSSM
CHRISTIAN SIMAMORA
Penulis berzodiak Gemini, kelahiran 9 Juni 1983. Book hoarder yang menyukai animal print. Kalau tidak sedang menulis, dia menghabiskan waktu senggang dengan membaca, browsing, atau menonton serial televisi kesukaan.
Sejak tahun 2006, memutuskan untuk menekuni genre romance untuk pembaca dewasa. Seri #jboyfriend yang sudah terbit: Pillow Talk (Jo),Good Fight (Jet), With You (Jere), All You Can Eat (Jandro), Guilty Pleasure (Julien), Come On Over (Jermaine), dan As Seen On TV(Javi), dan Marry Now, Sorry Later (Jao).
Tahun ini, dia merilis seri kedua yang diberi nama #vimanasingles.
Meet Lame (Janiel & Daniel) dan Tiger on My Bed (Talita Koum Vimana) adalah novelnya yang kelima belas dan keenam belas.
Twitter: @09061983
E-mail: ino_innocent@yahoo.com
Baca juga:
Iklan

9 pemikiran pada “[Blog Tour] Ask Author Tiger on My Bed: Christian Simamora

  1. Baru tau abang ini gara-gara booming banget Tiger on My Bed di twitter. Jadi penasaran, Christian Simamora itu siapa sih? Makanya jadi kepo banget sama abang satu ini. Semoga berkesempatan menyicip bukunya!

  2. Pertanyaannya bagus2 kak Okta,
    Dan bermanfaat bgt yg bahas step menulis,
    Ide cerita -> riset -> bikin moodboard (kumpulan image, musik, dsb yang dianggap akan menginspirasi saat menulis nanti) -> plot dan penokohan -> revisi plot (kalau ada) -> mulai menulis.
    Thanks bang Ino ilmunya 🙂

  3. Aku tertarik dengan step pembuatan mood board bang Ino, pasti bakalan banyak list lagu atau gambar romance yang menyertai karya2 bang Ino 😀
    Aku jadi pingin nyoba buat mood board-nya …

  4. jawaban bang Ino di pertanyyan 3 dan 5 bikin tambah ilmu.. >w> “cowok bad boy nggak selalu cool kok. They can be damaged or gloomy or dangerous. Film-film bergenre old west bisa dijadikan referensi bad boy dengan karakter berlapis.”
    >> Ide cerita -> riset -> bikin moodboard (kumpulan image, musik, dsb yang dianggap akan menginspirasi saat menulis nanti) -> plot dan penokohan -> revisi plot (kalau ada) -> mulai menulis. Proses riset dan revisi plot menentukan ide cerita itu sanggup dikerjakan atau nggak.

    aku kalo nulis, biasanya ide cerita dan plot & penokohan dulu yg digarap, baru riset, hehe

  5. Ide cerita -> riset -> bikin moodboard (kumpulan image, musik, dsb yang dianggap akan menginspirasi saat menulis nanti) -> plot dan penokohan -> revisi plot (kalau ada) -> mulai menulis. Proses riset dan revisi plot menentukan ide cerita itu sanggup Abang kerjakan atau nggak.

    Lagi-lagi dapat ilmu baru dari bang Ino.

    Good question Okta! 😉

  6. Ternyata saya benar-benar gak tau apa-apa ttng bang christian ini. Saya penasaran banget karna abang nulis ttng novel bg christian coklat stroberi yg diangkat kelayar lebar, tapi setelah saya ngegoogling tadi bukannya bg christian yg mengadaptasi film coklat stroberi dlam bentuk buku yaa? Atau saya yg kurang teliti…
    Eumm. . . Seperti biasa Ask Author with bg christian selalu menarik. Sepertinya bakal lebih seru kalau bg christian buat cerita berakhir Tragis, biar pembaca tercinta klw abis baca bukunya dari matanya keluar air yang Mblewer-mblewer kepipi 😉 , dada abang pasti kuat Kok 😀

Komentar ditutup.