[Blog Tour – Tanya Penulis] Makna Sinatria

blog tour then she smiles - tanya penulisDalam rangkaian Blog Tour bukunya yang berjudul Then She Smiles, pihak penerbit memberikan para host kesempatan untuk bertanya pada Makna Sinatria, si penulis yang ternyata saat ini sedang menetap di Amerika. Setiap host diberikan kesempatan mengajukan masing-masing tiga pertanyaan berbeda yang berhubungan dengan proses menulis atau apa pun tentang Then She Smiles.

[Blog Tour – Resensi] Lalu Dia pun Tersenyum
Nah, semoga pertanyaan yang kuajukan cukup mewakili dan bisa menjawab rasa penasaran teman-teman pembaca dan calon pembaca yang lain.
C6tlWAqXUAEzVJHTanpa perlu berpanjang lebar, mari simak pertanyaan yang kuajukan pada Makna Sinatria, disiarkan langsung dari New York, Amerika 🙂

Dalam penulisan novel ini, apakah Kak Makna memakai plotting yang detail dan lengkap atau justru menulis langsung tanpa bantuan kerangka?

Untuk rough draft, aku punya kerangka kasarnya (lebih ke timeline, dan adegan apa aja), tapi habis masuk ke editor Haru, bikin lagi kerangka yang lebih detail. Tips untuk penulis baru : bikin kerangka, adegan, dan kenapa adegan itu penting, ga boleh asal masuk aja

hexa-riou

Ini Hexa sama Riou, sepupunya.

Apakah ada alasan khusus memilih Hexa sebagai cowok blasteran Prancis dan Indonesia? Karena sebagai pembaca, aku sedikit kurang merasakan ‘ke-bule-an’ Hexa. Dia berbakat dan pernah tinggal lama di Paris, tapi sikap dan pembawaannya Indonesia sekali.

 

Nggak ada alasan khusus, Cuma karena rambut dia warna copper red dan aku mau itu warna rambut dia aslinya (lol). Malah Riou yang dari draft awalnya emang orang Prancis, dan buat narik garis merah antara mereka berdua aja.

C6tldNVUwAExFm-Bagaimana proses awal mula Kak Makna menemukan ide awal Then She Smiles sebelum menjadi novel utuh seperti sekarang? Apakah ada pengalaman pribadi bersinggungan langsung dengan orang-orang semacam Keluarga Alena?

Aku suka gambar dan karakter-karakter mereka muncul dari gambar-gambar iseng jaman SMA. Nggak ada sih kalau pengalaman pribadi, tapi kalau ide yang menyatukan Then She Smiles sendiri muncul habis aku nulis paper tentang domestic violence. Aku pengen nulis tentang KDRT dan kasus seperti ini banyak terjadi. Kadang saking subtlenya, kita nggak bakal langsung sadar. Dan mungkin banyak orang di luar sana yang pernah ngalamin dan ngerasa sendiri, nggak bias cerita ke siapapun, seperti Alena. Dari tagline novel ini: you are not alone.

Bagaimana? Cukup puas? Bagi teman-teman yang juga bermimpi untuk menjadi penulis—hei, aku tahu kalian cukup banyak di luar sana—semoga jawaban dari Makna Sinatria bisa memuaskan dahaga kalian dan menjadi penyemangat. Terima kasih untuk tim dari Penerbit Haru yang memberiku kesempatan untuk belajar pada Makna Sinatria, walaupun secara tidak langsung. Nah, bagi kalian yang masih penasaran kenapa Makna Sinatria tinggal di Amerika saat ini, bisa simak lagi profilnya di bawah ini.

Makna Sinatria lahir di Klaten, 24 Januari 1990, gologan darah A, anak kedua dari empat Makna Besaudara. Menikmati menulis, membaca buku, menyelesaikan terjemahan, atau sekadar menghabiskan waktu di kedai kopi dengan secangkir kopi hangat saat hujan.

Selain menulis, juga bekerja sebagai penerjemah lepas dan editor bahasa Inggris. Saat ini sedang berusaha untuk menulis kisah lain di sela kesibukannya menempuh studi Master di SUNY Albany, New York.

Selain banyak hal menarik di atas, Makna Sinatria ini juga berbakat dalam hal menggambar, lho. Buktinya bisa dilihat dari artikel-artikel yang tersebar di blog para Host. Berbagai guratan profil Hexa dan Alena itu buah karya dari Makna Sinatria sendiri! Yang seru dari Blog Tour ini ialah para Host diberi kesempatan memesan gambar Hexa atau Alena pada bagian tertentu dari buku Then She Smiles. Keren banget, kan?C6tlg4IWsAQeLsQ

Kalau tertarik dan mau berkenalan, Makna Sinatria bisa dihubungi lewat  Twitter/Instagram: MaknaKookie dan Facebook: Makna Sinatria.

Sesi selanjutnya dari Blogtour & Plus-Plus Then She Smile di blogku masih berlanjut. Yup, Giveaway! Akan ada satu notes keren dari Penerbit Haru untuk satu orang yang beruntung. Silakan intip Artikel Giveaway dan ikuti syarat-syaratnya, ya!

Iklan

9 pemikiran pada “[Blog Tour – Tanya Penulis] Makna Sinatria

  1. Aku setuju dengan Tips menulis yang harus bikin kerangka terlebih dahulu biar ceritanya semakin jelas. Tema ttng violence sangat tabu sebenarnya namun aku cukup bangga ada penulis yg bisa mengangkatnya dlm tulisan.

    t:@mrssiallagan

  2. Tips untuk penulis baru : bikin kerangka, adegan, dan kenapa adegan itu penting, ga boleh asal masuk aja.
    kalau aku sih biasanya nggak pake kerangka. biar aja dia nyerobot sana sini. hehe makasih buat tipsnya.

  3. Tips untuk penulis baru : bikin kerangka, adegan, dan kenapa adegan itu penting, ga boleh asal masuk aja.
    kalau aku sih biasanya nggak pake kerangka. biar aja dia nyerobot sana sini. hehe makasih buat tipsnya.

  4. Aku seperti mendapatkan sesuatu yang beda dari ilustrasi secuil itu, juga menarik karena nama tokohnya Hexa, dengan nama yang unik sepertinya memiliki sifat unik juga.

  5. Noted Tips menulisnya. 😉
    Ide mengangkat tema KDRT itu bagus dan sangat berani sekali. Walaupun bukan genre yg aku suka sih…karena nggak tega bacanya dan pasti bikin nyesek ;(

  6. Oh… Seru bacanya 😂
    Adegan jangan asal masuk ya, thanks lah. *otw edit wattpad😂*

  7. Bener sih. Ceritanya sih sepele tapi kalo yang nulis bisa ngolah dengan baik, bisa jadi cerita yang enggak disepelekan.
    Dan seperti yg dibilang sama Tary Wilujeng di komen atas, banyak tanya jawab jadi nambah ilmu.

    Tips untuk penulis baru : bikin kerangka, adegan, dan kenapa adegan itu penting, ga boleh asal masuk aja

Komentar ditutup.